Institut Pelangi Perempuan (IPP) merupakan organisasi non pemerintahan yang memfokuskan pada pemberdayaan lesbian, biseksual dan transgender (LBT) muda dalam pemenuhan Hak Asasi Manusia (HAM) Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT). IPP menggunakan strategi EDUFUNTAINMENT (Education, Fun and Entertainment) sebagai alat untuk mempromosikan dan memperjuangkan hak asasi manusia LGBT. Mengkreasikan ruang yang ramah terhadap anak muda LGBT seperti klub tari, olahraga, operet dan lainnya merupakan aktifitas-aktifitas yang dilakukan IPP untuk pengorganisasian dan mobilisasi komunitas. Publikasi seperti CD Magazine, komik dan buku-buku adalah media edukasi untuk komunitas. IPP didirikan pada tahun 2006 yang merupakan hasil kolaborasi dari feminis, seniman, aktivis HAM dan juga LBT muda di Indonesia.

Visi dan Misi:

Visi dan Misi Institut Pelangi Perempuan

  • Memberdayakan potensi dan sumber daya kelompok perempuan LBT muda sehingga terbangun kesadaran kritis untuk memperjuangkan hak-hak seksualitas perempuan LBT muda.
  • Melakukan proses pemberian pemahaman kepada publik mengenai wacana seksualitas perempuan LBT muda.
  • Memperjuangkan hak seksualitas perempuan LBT muda menuju tatanan masyarakat demokratis yang tidak diskriminatif terhadap preferensi seksual berbeda.